20110809

4 KONSEP MEMBUAT DESAIN TAMAN YANG MENAJUBKAN

Dalam membuat sebuah Taman yang ideal tentunya harus disesuaikan dengan sistem representasi atau panca indra kita yang terdiri dari visual (penglihatan), auditory (pendengaran), kinesthetic (sentuhan) dan olfactory
(penciuman).

1.Konsep Visual (Penglihatan)
Konsep taman yang baik tentu saja harus memperhatikan keindahan, kenyamanan, dan kesejukan yang hadir di dalam taman tersebut. Karena mata kita maupun pengunjung akan langsung menangkap view yang menarik dari taman yang kita buat. Bagaimana menciptakan view yang baik untuk sebuah taman?

Pilihlah konsep taman yang benar-benar ideal bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi rumah Anda. Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, mungkin pilihan taman minimalis lebih cocok dengan sedikit ‘permainan’ desain agar terlihat lebih luas. Dan jika Anda memiliki halaman yang cukup luas, pilihan taman gaya bali, taman Tropis, atau tema taman yang lain lebih leluasa untuk mewujudkannya.


2. Konsep Auditory (pendengaran)

Bagaimana dengan konsep taman dengan menghadirkan suara yang dapat memberikan sisi positif dari taman? Suara yang tertangkap oleh pendengaran kita memang harus diperhatikan. Bagaimana tidak, dengan aktivitas sehari-hari yang membuat lelah dan penat, tentu harus ada suasana yang membuat pendengaran kita menjadi lebih nyaman.

Salah satunya dengan membuat elemen air dalam desain taman. Berbagai jenis elemen air seperti sungai buatan (bila kita mempunyai halaman yang luas) dengan air yang mengalir, kolam air dengan sedikit overflow (tumpahan air), waterfall (air terjun buatan), water wall (dinding dengan air yang turun ke kolam), atau kita bisa memilih water spouts (pancuran air). Suara dari gemericik air yang muncul dari elemen air ini yang membuat suasana taman lebih nyaman bagi sang penghuni rumah.

3.Konsep Olfactory (penciuman)

Anda dapat merencanakan suatu taman dengan menggunakan konsep ini. Konsep yang mengikutsertakan indera penciuman yaitu konsep dengan berbagai vegetasi fragran (wangi). Namun konsep ini bergantung dari hobbi pemilik taman itu sendiri (optional). Bagi Anda yang suka dengan tipe tanaman yang mengeluarkan bau wangi tentu konsep ini cocok untuk diterapkan. Salah satu jenis tanaman yang mengeluarkan semerbak wangi antara lain cestrum nocturnum (bunga sedap malam). Masih banyak jenis vegetasi yang lainnya yang dapat Anda eksplorasi, khususnya untuk mewujudkan konsep ini.

4.Konsep Kinesthetic (sentuhan)

Yang terakhir adalah dengan sentuhan. Sentuhan yang dimaksud adalah perawatan dari taman itu sendiri. Baik dari segi elemen perkerasan maupun elemen lunak yang berupa vegetasi. Tentu Anda tidak menginginkan taman yang Anda miliki menjadi jelek dan terbengkalai. Perawatan yang rutin seperti menyiram, memotong tanaman agar terlihat lebih bagus, pembersihan taman, dan pembenahan dari sisi perkerasan pada taman.
Untuk itu maka konsep ini sangat perlu diperhatikan agar nantinya dapat mendukung keindahan dari taman Anda. Oh ya saya memiliki tips desain untuk taman yang memiliki tingkat perawatan yang minim (maksudnya tidak harus rutin merawat)



















Kami Team WARNA ALAM Landscape Garden, siap MEMBANTU mewujudkan TAMAN IMPIAN terindah di Rumah Anda.

Segera hubungi team marketing kami :

1.Mas Carno Rasidi

Tlp Hp  : 0818-0846-0039 / 0853-1035-1135
e-mail  : karno.java@gmail.com

2. Andika Kamesworo

Tlp Hp  : 0856-9774-9906
e-mail  : warna.alam_landscapegarden@yahoo.com

Tidak ada komentar: